Minggu, 23 September 2018

Mempersiapkan Hospital Bag + ebook


Haii, ga kerasa aku udah masuk ke usia kandungan 37 minggu nih. Udah bisa lahiran kapan aja jadi udah harus nyiapin yg namanya hospital bag. Dag dig dug ga sabar campur nervous menunggu si baby keluar. mohon doanya ya temen2 semoga persalinanku nanti diberi kemudahan dan kelancaran. Aamiin :")

Oke jadi di postingan kali ini aku mau share apa aja yang udah aku siapin di hospital bag yang mau aku bawa. Sebenernya aku tipe orang yang ga suka banyak bawa barang kalo bepergian, tapi khusus mempersiapkan persalinan ini mendadak aku jadi tipe orang yang detail dan mau agak rempong. Sebisa mungkin aku pengen di hari H kebutuhan aku dan bayi udah tersedia, jadi suami ga mesti mondar mandir cari perlengkapan yang kurang. Insyallah aku kepengen banget berusaha dulu melahirkan normal supaya ga terlalu lama di rumah sakit dan cepet proses pemulihanya. Tapi untuk jaga2 aja ada kemungkinan lahir caesar jadilah hospital bag ini dipersiapkan juga untuk proses kelahiran caesar, di mana ibu dan bayi bisa menginap 3-4 hari di rumah sakit.



Well sebenernya di infographic ini udah keliatan lah ya list lengkap untuk hospital bag secara umum, mulai dari perlengkapan bayi, ibu dan ayahnya. Nah berikut list perlengkapan aku pribadi yang udah aku sesuain sama kebutuhan aku. (Beberapa akan aku jelasin alasan kenapa aku masukin di hospital bag. Dan nanti setelah melahirkan akan aku update lagi barang apa aja yang ternyata kepake dan mana aja yang engga ya).

Perlengkapan bayi
  1. Baju untuk di rumah sakit (Kadang ada rumah sakit yang menyediakan baju bayi selama di rumah sakit, tapi ada juga yang tidak menyediakan. Sebaiknya ditanya dulu ke perawat setelah menentukan mau lahiran di mana)
  2. Sarung tangan & kaki dan topi bayi. 
  3. Bedong bayi 
  4. Selimut untuk pulang
  5. Baju untuk pulang (bisa jumper atau baju biasa aja. Bebas)
  6. Gendongan untuk pulang
  7. Popok sekali pakai ukuran newborn
  8. Peralatan mandi bayi (buat jaga2 aja)
  9. Cup feeder (just in case asi aku ga keluar nanti setelah bayi nya lahir lebih dari 2-3 hari, aku izinkan bayiku dikasih sufor asal tidak menggunakan dot supaya tidak bingung puting)
  10. Susu formula untuk newborn (aku bawa buat jaga2 kalo asiku ga keluar lebih dari 3 hari dan sengaja aku beli sufor yang di rekomendasikan kebanyakan ibu2 di forum female daily. Katanya formula susu enfamil mirip banget seperti asi ibu)

Perlengkapan ibu
  1. Dokumen penting: Kartu pasien, kartu asuransi, KTP dll
  2. Piyama / daster kancing depan
  3. Bra menyusui
  4. Celana hamil
  5. Popok dewasa / pembalut nifas
  6. Sarung / jarit
  7. Skin care + make up
  8. Sendal
  9. Baju untuk pulang
  10. ASI Booster
  11. Stagen (pengganti gurita ibu)
  12. Gym ball (alat perang ibu :P)
  13. Speaker portable (alat perang ibu :P) 


Perlengkapan Ayah
  1. Kamera + charger (buat yang ingin persalinannya di dokumentasikan)
  2. Charger handphone (jangan sampe ketinggalan, ini penting buat ngabarin keluarga)
  3. Baju ganti 
  4. Sandal
  5. Uang cash untuk membeli makanan dll.
Kalo untuk suami mah simple aja ya, yang penting adalah baju ganti, charger dan uang cash. hhehhe. O ya, kalo bisa sih hospital bag udah siap dari usia kandungan 37 weeks, karena biasanya beberapa ibu sudah melahirkan di usia kandungan tersebut. Kalo aku dari usia kandungan 7 bulan udah mulai nyicil belanja perlengkapan bayi yang mau dimasukkin ke hospital bag, baru sisanya kayak bed set, perlak, dot dan lain lainnya menyusul di usia kandungan 8 bulan (nanti ya aku bikinin postingan khusus yang ngebahas belanja untuk newborn).

Silahkan download ebook persiapan melahirkan dan birth plan nya ya di bawah ini:

2 komentar:

  1. Udah lama banget nggak mampir ternyata udah mau lahiran juga ya. Selamat Iena semoga lancar kelahirannya. Kemarin kayak popok bayi baru lahir ternyata aku dapat banyak dari RS tempat lahiran. Padahal udah bawa juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka Niaa, kakak juga baru lahiran kan ya. Selamat ya ibu baru! hehhe. anak kita nanti ga beda jauh umurnya.

      iya ya, kadang beda2 ya fasilitas yang udah dikasih sama rumah sakit. Semoga nanti di RS tempatku juga, lumayan dapet gratisan. hhehhe. Mohon doanya ya ka Ni :")

      Hapus

COPYRIGHT © 2021BY IENA