Senin, 11 Januari 2021

Review Halodoc: Solusi Aman Konsultasi Dokter 24 Jam di Tengah Pandemi Covid-19


Buat seorang ibu seperti saya punya anak sakit di tengah pandemi seperti ini tuh rasanya cemas. Sempet bingung dan parno kalo ke rumah sakit, apalagi anakku ini masih kecil dan belum mau pake masker. Dia anaknya ga betah-an, bawaannya pengen dibuka melulu kalo dipakein masker. Begitu juga dengan faceshield. Saya khawatir kalo di rumah sakit atau klinik kan semua orang sakit berkumpul, kita bahkan engga tau mana yang OTG atau tidak.

Hampir setahun berlalu, akhirnya sekarang saya belajar bagaimana mengatasi anak sakit di tengah pandemi. Saya sangat terbantu karena sekarang ada berbagai aplikasi telemedicine yang contactless, Salah satunya halodoc. 


Kapan harus pergi ke dokter

Semakin lama hidup berdampingan dengan covid-19, akhirnya saya belajar untuk tidak terlalu panik. Berikut beberapa poin berdasarkan pengalaman pribadi:

  • Kalau sakitnya tergolong ringan dan tidak disertai demam (seperti sakit kulit dll), saya langsung chat dokter di halodoc. Kemudian obat yang ditebus bisa diantar langsung via gojek. 
  • Kalau sakitnya disertai demam tapi anak masih ceria dan tidak lemas tidak diare berat biasanya saya chat halodoc di hari pertama, saya ceritakan detail gejala nya sama dokter, setelah diberi obat yang diresepkan dokter di halodoc kemudian lihat apakah demamnya masih berlangsung selama 3 hari atau tidak. Jika badan masih demam sampai tiga hari baru kita bawa ke klinik terdekat atau rumah sakit untuk cek darah. Kenapa? Karena dari sebelum jaman covid say sering di kasih tau dokter anak kalo anak panas masih di hari 1 atau ke 2 percuma jika dilakukan tes darah. Hasil cek darah baru kelihatan setelah hari ke 3. Jadi sebenarnya kita bakal bolak balik ke rumah sakit kalau di hari pertama demam langsung di bawa ke rumah sakit.
  • Jika demam disertai diare berlebih, anak demam dan lemas atau terlihat dehidrasi segera dibawa ke dokter. Saya sarankan ke klinik khusus ibu dan anak kalau orang tua merasa khawatir, karena biasanya di sana tidak terlalu bercampur dengan banyak pasien. 
  • Jika dokter di halodoc menyarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik di rumah sakit, segera periksakan ke dokter.


Apa yang bisa Halodoc bantu?

Segala kebutuhan kesehatan tersedia dalam satu aplikasi, bebas repot dan tanpa pusing.

  1. Chat dengan Dokter (Konsultasi dengan dokter secara aman dan mudah melalui aplikasi Halodoc)
  2. Beli Obat (Beli obat bebas maupun resep dari dokter tanpa harus keluar rumah)
  3. Buat Janji RS (Periksa ke rumah sakit tanpa harus antre)
  4. Pengingat Obat (Minum obatmu secara teratur tanpa takut terlewat lagi)
  5. Kalkulator BMI (Cek indeks kesehatanmu dengan mudah)
  6. Tes COVID-19 (Berbagai pilihan tes untuk COVID-19, baik Tes Rapid maupun PCR)


Cara menggunakan aplikasi halodoc

Cara Konsultasi Dokter Online

Cukup ikuti langkah-langkah berikut, kamu akan dilayani oleh dokter terbaik :

  1. Buka apps atau website halodoc
  2. Registrasi dengan melengkapi data
  3. Pilih opsi chat dengan dokter
  4. Tunggu konfirmasi, tidak sampai 1 menit
  5. Chat / Video Call langsung

Kurang lebih memakan waktu 2 menit sudah ada hasil diagnosis dari dokter, selanjutnya kamu ditawarkan untuk dibuatkan resep. Prosedur standar seperti akan muncul pertanyaan seperti apakah kamu ada alergi obat, punya riwayat penyakit serta sedang konsumsi apa.


Cara Buat Janji Dokter

Layanan ini memudahkan dan menghemat waktu pasien untuk membuat janji konsultasi tanpa harus datang ke rumah sakit. Dengan menggunakan layanan Janji Dokter, pasien dapat langsung menuju poliklinik yang dituju sesampainya di rumah sakit.

  1. Pilih kategori buat janji
  2. Pilih spesialisasi dokter
  3. Pilih dokter
  4. Pilih tanggal dan buat waktu kunjungan
  5. Pilih buat janji


Cara Buat Janji Untuk Tes COVID-19 di Halodoc

  1. Klik Tes COVID-19 pada halaman awal aplikasi Halodoc.
  2. Pilih Fasilitas Tes.
  3. Pilih Jenis Tes COVID-19 (Rapid atau PCR Test).
  4. Pilih Jadwal Kunjungan.
  5. Lengkapi identitas diri dan unggah foto kartu identitas.
  6. Lakukan pembayaran.
  7. Pendaftaran berhasil dan tunggu SMS konfirmasi jadwal sebelum berangkat ke lokasi tes.


Dokter yang tersedia di halodoc

Ratusan dokter umum dan spesialis yang terdaftar di IDI. Dokter umum tersedia 24 jam. Ada berbagai macam dokter spesialis yang tersedia. Seperti dokter spesialis jantung, THT, gizi klinis, bedah, saraf, penyakit dalam, gigi, anak, kulit, kandungan, psiko terapus, reproduksi, mata, hingga spesialis medikolegal dan hukum kesehatan. Namun karena berbagai kesibukan, dokter-dokter ini tidak selalu bersedia untuk menjawab pertanyaan lewat aplikasi.


Cara pembayaran

Halodoc memberikan banyak pilihan metode pembayaran, pengguna bisa ambil opsi payment sebagai berikut :

  • Wallet Halodoc,
  • Go-Pay,
  • Doku,
  • Transfer Bank.

Silakan kamu tentukan sendiri, cara mana yang menurut kamu paling praktis. Saldo atau pembayaran tidak hanya untuk bayar sesi konsultasi, bisa juga misalnya kamu mau beli obat lewat aplikasi Halodoc.


Konsultasi Dokter di Halodoc Mahal ?

berdasarkan pengalaman beberapa kali menggunakan aplikasi halodoc biaya konsultasi cenderung lebih murah dibandingkan pergi ke rumah sakit atau klinik, bahkan beberapa dokter memberikan layanan konsultasi gratis untuk pengguna yang baru mendaftar. Selain itu aplikasi halodoc suka memberikan harga promo secara berkala. Saat promo harga dokter spesialis mulail dari Rp 30.000 saja.


Menggunakan asuransi

Beberapa Asuransi Tergabung Halodoc. Halodoc sengaja menggandeng beberapa perusahaan asuransi untuk mempermudah layanan kepada pengguna seperti Prudential, AXA Mandiri, Allianz, Cigna, Medicilin dan BPJS Kesehatan. Tinggal seting atau hubungkan dengan asuransi maka segala bentuk klaim yang tercover oleh asuransi maka kamu sebagai pasien tidak harus membayar lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2021BY IENA